Selasa, 18 Oktober 2016

Dampak KPOP terhadap Remaja Indonesia




Dampak kpop terhadap remaja indonesia
Kpop memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia khususnya para remaja. Tidak sedikit remaja indonesia menyukai bahkan cinta fanatik terhadap kpop. Hal ini menyebabkan munculnya berbagai dampak baik negative atau positif. Sekarang mari kita bahas dampak-dampak tersebut.
Yang pertama mari kita bahas mengenai dampak negatif kpop terhadap remaja indonesia:
1.      Remaja indonesia cenderung meniru idola dan budaya korea yang tidak sesuai dengan adat indonesia.
2.      Kpop fanatik dapat berdampak pada menurunnya rasa cinta remaja indonesia terhadap negaranya sendiri. Mereka akan lebih mencitai negara orang lain (korea) dan lebih mengenal budaya korea dibanding budaya negaranya sendiri.
3.      Dampak negatif juga dapat muncul dari drama korea. Dimana hampir semua drama mereka terdapat adegan dewasa yang bahkan tidak sesuai dengan usia penontonnya. (di indonesia pecinta kpop rata-rata pelajar).
4.      Fashion remaja indonesia juga terpengaruhi, contohnya: seorang siswa yang meniru penampilan seorang artis terkenal, seperti rambut gondrong, memakai anting dan kalung secara berlebihan, bahkan dia juga menuru gaya dan sikap dari artis tersebut. gaya seperti itu akan mengundang komentar masyarakat lain dan dinilai urakan dan tidak sopan karena tidak sesuai dengan budaya di indonesia.



5.      Pecinta kpop lebih menyukai produk korea. Seperti lagu dan artisnya.
6.      Pelajar rela membolos sekolah untuk mengantri tiket konser artis korea.



Selanjutnya kita bahas dampak positif kpop bagi remaja indonesia :
1.      Remaja indonesia dapat belajar tentang budaya negara lain khususnya korea.
2.      Remaja indonesia bisa mengambil cara idola mereka meraih kesuksesan. Dimana kita tahu di korea tidak mudah untuk menjadi artis, mereka harus bekerja keras selama bertahun-tahun untuk meraih cita-cita mereka.
3.      Remaja indonesia lebih aktif di sosmed sehingga dapat mendapat teman dari berbagai daerah.
4.      Wawasan remaja indonesia menjadi luas, dengan keinginan mereka untuk mempelajari bahasa korea.
5.      Bagi remaja yang ingin melanjutkan study ke korea, akan menumbbuhkan semangat belajar untuk mendapatkan beasiswa agar mendapat beasiswa.


Baiklah, terimakasih sudah membaca blog saya. Intinya dampak-dampak tersebut dapat muncul jika kita tidak pandai memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Sebagai remaja yang cerdas kita harus pintar memilah hal tersebut. Dan jangan lupa walaupun kita menyukai kpop, tetapi negara kita tetap INDONESIA dan tetap cinta tanah air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar